Kamis, 19 April 2012

“ SELALU ADA KEMUNGKINAN DI SETIAP KESEMPATAN”



Postingan kali ini saya Cuma mau berbagi sedikit pengalaman hidup saya, saya ASNA SRI HARTATI murid kelas 12 yang sedang menunggu kelulusan.
Dulu waktu jaman sebelum masuk SD saya udah bisa baca, tulis dan hapal pancasila, ini terjadi karena abang saya gak mau belajar kalau saya gak ikut belajar. Jadilah sebelum sekolah saya belajar duluan, kebetulan dulu saya gak TK. Waktu SD puji Tuhan saya gak pernah lepas dari 3 besar, penah rangking 1, rangkin 2 juga rangking 3. Pernah juga jadi perwakilan Kabupaten melawi lomba cerdas cermat tingkat SD se kalimantan barat yg dilakukan di pontianak itu waktu saya kelas 5 SD. Waktu Masuk SMP yaitu SMP Negeri 1 Nanga Pinoh saya jadi juara 1 Tes hehe, dan Saya gak tau gimana caranya saya bisa jadi juara 1 tes disana? tapi saya emang benar-beenar belajar buat masuk di SMP Favorit itu Hehe. Masuk 7 A Dan gak pernah keluar dari 3 besar, kelas 7,8 sampai 9 semester 1 saya rangking 1, tapi kalo gak salah waktu 9 semester 2 saya rangking 3.
Sekarang saya SMA sekolah saya  satu-satunya SMA negeri di kecamatan saya namanya SMAN 1 nanga pinoh orang-orang sini bilang SMANSA ini adalah sekolah favorit bukan hanya karena satu-satunya negeri tapi secara prestasi memang sekolahan saya gak perlu diraguin lagi. Masuk sini aja pakai tes, dan orang-orang yang terpilihlah yang bisa masuk termasuk saya. Waktu masuk SMA ini saya dapat peringkat 4 tes yaa lumayanlah, dari ratusan mungkin hampir ribuan mungkin anak yang daftar, saya masuk dikelas 10 b, puji tuhan dikelas ini tuhan juga masih kasi kesempatan buat saya, saya bisa rangking 1 dikelas, dan dan rangking 2 pararlel untuk seluruh sisiwa kelas 10 waktu semester 1, sumpah itu surprise banget buat saya soalnya waktu SMP aku emang selalu  juara dikelas tapi belum pernah dapat juara paaralel seklaipun, anak-anak yang waktu SMP selalu dpat kok bisa gak dapat, sumpah senang dan bersyukur banget, tapi semester 2 semuanya hilang rangking saya anjlok ke 4 walaupun nilainya naik, yayaya saya cuma bisa nyesal disitu tapi jujur sebenarnya dari awal masuk SMA sebenarnya saya gak pernah berharap bisa dapat rangking karena saya pengen santai ngejalanin hidup saya, saya gak suka ada tuntutan, kalo saya dapet rangking saya pasti dituntut buat belajar terus, dan satu mempertahnkannya itu loh berat banget.
Saya naik kekelas 11 dan saya milih jurusan IPA padahal sebenarnya nilai saya agak lebih bagus yang di IPS nilai rapor IPS paling rendah aja 83 kalo IPA yang paling rendah nilai fisika 69. Hahah jujur awlanya saya emang suka pelajaran IPA yaitu kimia dan biologi kalo yang IPS saya juga suka, kebetulan nilai ulangan saya selalu tinggi kalo yang IPS apalagi geografinya buat daily testnya saya sering dapat 100, ekonomi juga lumayan, kalo sosiologi jarang ulangan tapi kita harus jaga sikap sama guruya niscya nilai akan baik saya aja yang kalo ditanya suka gak tahu tapi kalo pas itu guru ngejelasin pura-pura diam dan mendengarkan nilai di rapor 90 , temen saya yang sering nanya sma si guru pas akhir semester malah disuruh buat remed gara-gara nilainya gak sampai standar. Anehkan? Jadi intinya sama guru ini sih jaga sikap.
Kita dikasi angket jurusan dan disertai dengan alasan kenapa milih jurusan itu, dan akhirnya saya milih buat masuk berjuang dan bersaing di IPA dengan alasan “kerena saya menyukai pelajaran eksak” iya sih dulunya suka..., setelah itu yang milih IPA dibagi karena banyak yang milih IPAnya 2 kelas IPA 1 dan IPA 2 dan saya kepilih buat masuk di IPA 1, di sana saya ketemu sama orang-orang pintar dan harus bersaing, yayaya berat banget dan pada akhir semester 1 saya cuma bisa dapat rangking 6 turun lagi kan hahha jujur sejak itu semangat saya buat belajar udah gak ada saya cuma bisa pasrah aja sama keadaan karena saya ngerasa jadi sangat bego, yang paling parah adalah akhir semester 2 waktu kenaikan kelas saya Cuma bisa dapat peringkat 12? 12 bayangin 12 yatuhan dari 6 jatohnya ke 12 walaupun nilai saya lebih tinggi dari semester kemarennya. Saya makin drop makin banget kerasa bodohnya,,, saya mulai snagat menyesal sama pilihan saya dulu trenyata gue salah jurusan ternyata IPA bukan bidang saya (mungkin) saya gak cocok sama hitung-hitungan saya jauh lebih suka buat menghapal dan mengarang.
Dikelas 12 ada sedikit kemajuan saya masuk lagi 10 besar walaupun Cuma dapat rangking 10 tapi lumayanlah. Semester 2 dimulai masa-masa menuju UJIAN NASIONAL kami anak kelas 12 mulai diporsir dengan LES-LES dan pelajaran-pelajaran untuk mepersiapkan UJIAN NASIONAL, mulai memikirkan akan masuk kuliah kemana, pemerintah mengadakan SNMPTN dengan jalur UNDANGAN, untuk sekolah saya  dengan akreditasi B mandiri diberi kesempatan 30% siswanya, awalnya katanya yang bisa ikut Cuma mereka yang dapat peringkat 1-9 besar dan tetap konsisten, Teman-teman yang 9 besar sibuk buat ngurusin jalur undangan itu,tapi ternyata penyaringannya lewat nilai rapor dari 6 mata pelajaran UN dan tsumah saya kaget waktu nama saya masuk dalam 11 orang yang dapatin jalur undagan untuk jurusan IPA dengan posisi yang ke 11? Happy jelas, saya yang gak ada sibuk sma sekali ngurusin itu, saya Cuma liatin teman-teman saya yang sibuk ternyata saya yanga masuk, saya kasian sama beberapa teman saya yang sibuk buat ngurusin ternyata gak masuk. Dijalur undangan ini kita dikasi kesempatan buat milih 2 PTN yang kita mau masing-masing PTN bisa milih 2 prodi selelksi dilakukan dengan nilai rapor dan saya milih buat daftar di UNTAN dan UNY
saya sempat bingung mau milih prodi apa saya pengennya kuliah yang nanti kerjanya enak dan gak terlalu capek dan kuliahnya juga gak terlalu susuh dan pilihan gue jatuh pada FKIP bahasa indonesia, sebenarnya saya mau ke bahasa inggris karena saya suka dan kesempatan kerja kalo bahasa inggris itu besar tapi saya ngukur kemampuan saya juga sih, saya sadar kalo saya gak terlalu jago disitu dan saya takut gak mampu. Tapi jalur undangan ini belum tentu masuk, semua tergantung sama daya tampung prodinya, kalo misalya prodi yang kita pilih banyak yang milih nilai diseleksi dan gak kepilih ya sudah hilanglah itu, doain ya semoga dapet.., buat bisa daftar jalur undangan ini kita disuruh bayar 175000 buat  bisa dapatin nomer,  dan sekarang  tinggal  nuggu hasil buat jalur undangan ini pengumumannya itu tanggal dari 28 mei-2juni. Dari 11 orang yang ikut jalur undangan ada sekitar 8 orang yang mungkin aja gak ngambil kalo misalnyaa mereka lulus karana? 1 april kemaren disekolah ada test untuk beasiswa pemerintah jurusan kedoktern universitas tanjugpura  dari SMA gue 17 orang yang ikut termasuk saya. saya urutin nama yang ikut dari abjad
Agung arif perkasa, Alfi zairi, Aprindo Donatus , Asna sri hartati ,Cici arfiani, Elsa restiana, Erlin evelin, Kristianti meti ,Llis suryani, Lita, May sarah, Meliyana dewi, Patrisia hala, Rahayu larasati, Rosiana harianti, Reza wirawan, Woris christopher
Awalnya saya gak mau karena saya memang udah pesimis sama itu sadar kemampuan saya sih setelah ngurusin banyak banget berkas kita test diSMA saya, yang datang itu orang UNTANnya langsung Dosennya kalo gak salah testnya itu 150 menit 80 soal 20 fisika, 20kimia, 20biologi, 20bahasa inggris, sumpah saya pesimis banget yang saya harapin Cuma jangan jadi yang terakhir dari 38 orang peserta yang dicari Cuma 10 orang. Waktu test ada sebuah insiden gitu, anak yang gak sekolah di melawi mau ikut test di melawi , tau sih bapakya orang terpandang mungkin menurut dia bisa tapi untung Dosen UNTANnya tegas mereka gak dibolehin ikut karena melelnngar aturan yang tertera. Testnya saya bingung soalnya susah saya Cuma ngejawab 46 soal aja...
Besoknya hasil test langsung diumumkan dan saya gak masuk hahah, tapi saya bukan yang terakhir loh saya yang ke?? Keberapa ya?? Pengen tahu?? Yang ke 11 anjir tipis  banget sumpah parah banget saya kesal sekesal kesalnya orang kesal,saya Cuma kalah dinilai rapor sama temen yang ke 10 padahal poin test saya lebih besar dari bebrapa yang masuk 10 orang itu, dari 46 soal yang saya jawab saya benernya 22 dan salah 24 , kosong 34 ( benar:4 ,salah: -1) nilainya itu diambil 75% test dan 25% rapor, gimana gak kalah sih yang 10 nilai rapornya itu 83,76 nah saya Cuma 76,17 jauh yahhhh saya Cuma beda koma aja sma dia, dia 34,24 gue 34,04 ahhahaha kesal baget saya kalo nilai rapor saya, 76,99 aja itu saya yang masuk atau kalo bener 1 soal  lagi aja udah saya tuh yang masuk, yang saya sesalin juga kenapa harus yang ke 11 kenapa gak yang ke berapa aja gitu, atau bedan nilainya jauh ,
tapi mungkin ini bukan dan belum jalan yang ditentuin sama TUHAN buat saya ada yang akan jauh dari lebih baik dari ini, TUHAN udah nyiapin itu buat saya, dan ITU bukan yang gak saya dapatin ini, saya Cuma bisa ucapin selamat buat teman-teman saya. Tapi setelah ini mereka harus test lagi, test langsungnya yaitu, psikotes,wawancra dll yang langsung dilakukan di untan tanggal 28 mei nanti yang dipilih buat kedokteran itu Cuma 3 orang aja tapa yang alain itu udah pasti masuk untan dan bebas milih prodi apapaun yang mereka mau tapi gak beasiswa. SELAMAT ya teman-teman . ini foto daftar yang masuk test petama kedokteran UNTAN

Lebih jelasnya namanya: 
Aprindo donatus (Ipa1)                                    
Elsa restiana (ipa1)                                            
Maesarah (ipa1)                                                
Alfi zairi (ipa1)                                                
Eva ( SMA ekklesia)            
Erlin evelin (ipa1)    
Agung arif perkasa (ipa1)      
Woris christopher(ipa2)    
Meliana dewi (ipa2)    
Patrisia halla (ipa2)              

Cukup membanggakan buat kelas saya adalah 6  orang yang dapat itu anak kelas saya 12 IPA 1 ayeeyyy SEPATU, selamt ya teman-teman selama berjuang buat testnya nanti dan Doakan saya juga semoga berhasil ditempat lain
Dan 1 hal buat kalian yang pengen dapatin sesuatu berusaha dan berjuang sebaik mungkin, selama belum berakhir masih banyak kemungkinan yang akan terjadi jangan karna kalian ngerasa kecil , kalian ngerasa gak mampu dan kalian jadi pesimis karena setiap orang pasti sudah TUHAN siapkan yang terbaik, jadi jangan pernah menyerah  karena kemungkinan selelu ada,, dan lakukan yang terbaik buat setia kesempatan yang ada buat lo
NEVER GIVE UP , selalu ada kemungkinan disetiap kesempatan yang ada :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar